Resensi Novel Heart Beat

Resensi Novel Heartbeat
A. Identitas Buku :
Judul Buku : Heart Beat
Pengarang :Jealoucy
Penerbit :Loveable 
Cetakan :Pertama 2016
Tebal buku :3,5 cm (13 x 19 cm) 
Jumlah halaman : 528 halaman

B. Sinopsis :
Blurb.....
"When her heartbeat being someone close and the danger closer."
ELANG SKARSGARD 
          Sebuah insisden tak sengaja mempertemukan Fina dengan Elang Skarsgard, cowok yang menurut rumor disekolah adalah mantan narapidana. Ternyata, Elang lebih dari apa yang mereka bicarakan. Ia mempunyai pendengaran super yang dapat mendengar bunyi detak jantung setiap orang sehingga ia dapat memahami perasaan orang tersebut. Hanya ada satu orang yang ia tidak dapat pahami dari bunyi detak jantungnya, yaitu Seraphine Alana. 

SERAPHINE ALANA 
         Saat Fina mulai menikmati masa remaja dengan segala konflik percintaannya, tiba-tiba saja kepingan-kepingan ingatan masa lalu nya mulai datang mengahantui. Hal yang paling membuatnya ketakutan ternyata dalam ingatannya itu, dia menyakiti keluarganya dan membunuh seseorang dengan tangannya sendiri. Keadaan menjadi semakin buruk ketika teror mulai datang dan ada pembunuh yang mengincarnya. 


C. Unsur Instrinsik  

Tema :
Tema yang diceritakan dalam novel ini adalah persaudaraan, kepercayaan, perjuangan ,dan kesetiaan.

Genre : teenfict 

Penokohan dan perwatakan : 

1. Saraphine Alana atau lebih sering disebut Fina merupakan gadis cantik namun tomboi yang sangat kuat,tegar,Selalu mengalah dan pemberani
2. Stephanie Anggita atau lebih sering dipanggil Fani merupakan saudara kembar Fina cantik berprestasi baik terkecuali kepada Fina namun dia adalah sesosok wanita yang Nekat bisa juga di bilang Psikopat
3. Elang Skarsgard merupakan cowo yang memiliki kemampuan pendengaran super seseorang yang sangat berani dan bertanggung jawab (Tritagonis)
4. Abang Juki. Berkarakter dewasa dan sulit menahan amarah ketika adik-adiknya terluka menjadi ciri khasnya

Sudut Pandang :

 Sudut pandang orang pertama-sebagai pelaku utama


D. Resensi :


Heartbeat menceritakan tentang seorang remaja pria bernama Elang Skarsgad. Dia memiliki kemampuan yang lebih dibandingakan dengan manusia pada umumnya.
Tokoh pendampingnya ialah seorang remaja cantik namun tomboy bernama Seraphine Alana. Dia ditakdirkan terlahir kembar dan kurang akan kasih sayang dari orang tuanya. Orang tuanya memberikan kasih sayang yang berbeda pada kedua anak kembarnya menurut Seraphine Alana.
Remaja wanita ini memiliki banyak sekali teman. Namun teman karibnya ialah Vee dan Rally. Berparas cantik tapi tomboi, dan juga pandai merupakan kelebihan tersendiri bagi Fina. Akan tetapi ada suatu hal yang membuatnya berbeda dari yang lain. Yaitu dia menderita penyakit lupa ingatan alias amnesia yang belum diketahui benar penyebabnya. Tapi semua orang di lingkungannya mengatakan bahwa dia menderita amnesia karena kecelakaan yang dialaminya.
Hingga pada akhirnya, Fina menemukan sendiri kepingan ingatannya itu melalui mimpi-mimpinya. Dirinya masih termasuk remaja labil yang tidak tau apa-apa tapi berjuang untuk hidup.
Vee dan Rally. Merekalah yang membantu Fina untuk mendengarkan setiap kepingan ingatan yang telah dia dapatkan dan berusaha mencari solusinya. Bukan hanya mereka berdualah tapi juga ada Elang yang membuat hidupnya lebih berwarna serta tak terlupakan abang Juki tersayang.
Tak lupa juga dengan si kembarannya, Fani. Cewek ini cantik, berprestasi, rajin, baik kecuali pada kembarannya ( Fina), dan sangat diidolakan oleh para laki-laki. Dia juga merupakan ketua osis di sekolahnya. Dia juga sangat mengidamkan menjadi pacarnya Elang Skarsgad. Tapi semua itu sia-sia saat diketahui bahwa dia sedikit tidak waras.
Abang Juki. Berkarakter dewasa dan sulit menahan amarah ketika adik-adiknya terluka menjadi ciri khasnya. Dia juga menjadi orang tua kedua Fani. Bang Juki ini sangat sayang dengan adik-adiknya. Tetapi caranya menyampaikan kasih sayangnya sedikit berbeda dengan orang pada umumnya.
Puncaknya adalah saat hari ulang tahun Fani dan Fina. Fani selalu mendapatkan hadiah sesuai dengan apa diinginkannya. Sedangkan Fina tidak selalu mendapatkan hadiah seperti yang diinginkannya. Hingga akhirnya ada suatu hadiah yang diterima Fina yang membuat dirinya dan orang lain terkejut. Hadiah tersebut belum diketahui pengirimnya namun, hal itu diduga sebagai upaya balas dendam.
Hari demi hari ketika saatnya yang biasa dilakukan Fina yaitu mengalah pada saudara kembarnya, Fani. namun untuk yang satu ini Fina tidak ingin mengalah hal itu membuat Fani marah kepada Fina dan Nekat ingin melenyapkan Fina.
Namun bagaimana keluarga mereka apakah keluarga mereka mengetahui semua yang terjadi di masa lalu Fani dan Fina? apakah mereka menutupi masa lalu Fani? dan kenapa keluarga mereka selalu memberi perhatian lebih dan memberi semua yang diinginkan Fani? dan kenapa mereka tidak ingin berhubungan dengan Polisi?


            

Komentar

Posting Komentar